Kamis, 19 April 2012

Cara Membuat Tampilan Menu yang Disertai Animasi Flash dalam Visual Basic Basic 6.0

Cara Membuat Tampilan Menu yang Disertai Animasi Flash dalam Visual Basic Basic 6.0

Pendahuluan

Pada pembuatan tugas ini adalah bagaimana tata cara membuat tampilan menu di Visual Basic 6.0 yang disertai dengan animasi Flash MX 2004. Caranya tidaklah susah apalagi sampai bingung untuk membuatnya. Di sini kita akan mencoba membuat tampilan menu biasa hanya saja kita akan menampilkan animasi yang ada pada Flash MX 2004 ke dalam Visual Basic 6.0. Mari mencoba dan perhatikan apa yang setelah anda kerjakan program tersebut, apakah terlihat menarik dari yang biasanya anda buat daripada hanya menggunakan animasi dengan kode di Visual Basic 6.0 yang kelihatannya lebih sulit dibanding dengan membuat animasi di Flash MX 2004 terlebih dahulu?

Scene 1





Pertama-tama yang harus dilakukan ialah membuka program pada Visual Basic 6.0 yang bagi Anda yang sudah menginstalasi software tersebut untuk memulai dari materi yang akan dibahas untuk saat ini.
Untuk memulainya klik start pada tampilan windows yang sudah pada umumnya, kemudian pilih All Program dan cari hasil instalan program Visual Basic 6.0 yang telah Anda install sebelumya setelah itu pilih Microsoft Visual Basic 6.0 pada tampilan menu yang secara otomatis menampilkan beberapa feature dari Microsoft Visual Basic 6.0.
Kemudian setelah Anda mengikuti hal itu semua, maka Anda akan berhadapan pada tampilan sebagai berikut:



Gambar di atas menjelaskan bahwa Anda mesti membuat project baru dalam bentuk Standard EXE, lalu click open untuk mengakhiri dari suatu menu pilihan project yang akan dijalankan.

Scene 2

Setelah tahap pertama sudah Anda lalui tinggal bagaimana membuat program di Visual Basic 6.0 yang akan kita gabungkan dengan animasi Flash Mx 2004 agar tampilannya lebih menarik serta lebih mudah tanpa harus menggunakan kode-kode dalam Visual basic 6.0. Baiklah tampilan ini adalah tampilan awal untuk memulainya:




Lalu click pada toobox yang akan digunakan serta letakkan pada form yang telah tersediakan yaitu: Label sebanyak 2 komponen, CommandButton sebanyak 3 komponen, ShockwaveFlash sebanyak 2 komponen + 1 komponen untuk latar belakang yang akan kita lakukan pada akhir scene.
Pada komponen ShockwaveFlash Anda dapat mencarinya dengan mengklik kanan pada toolbox untuk menambah komponen yang ingin digunakan serta menampilkannya sebagai penggunaan dalam menampilkan tampilan animasi dalam Form. Dengan begitu tampilannya akan menjadi sebagai berikut:



Scene 3

Tahap demi tahap kita lalui, ubahlah nama dari caption pada Label serta CommanButton untuk menandai dan memperjelas menu yang akan digunakan sebagai kinerja kita. Pada materi saya, saya hanya membahas untuk membuat tampilannya saja akan tetapi jangan kecewa karena saya akan memberi materi kelanjutan dari materi ini. Sekarang kita kembali lagi dalam materi kita terlebih dahulu setelah itu baru saya akan memberikan materi-materi yang berikutnya dalam tingkat lanjut.
Setelah Anda memberi nama dari setiap caption pada komponen yang telah Anda siapkan maka tampilannya akan berubah seperti berikut ini:



Kemudian kita hanya membuat dan menge-Link (mengkoneksi alamat yang akan disambungkan dalam komponen ShockwaveFlash). Dalam pembuatannya, mungkin dari sebagian yang sudah tahu tentang pembuatan animasi dalam program Flash MX 2004 dan adapula yang belum untuk itu bagi yang belum usahakan sebisa mungkin Anda tahu betul dalam membuat animasi di Flash MX 2004. Di sini saya akan mengambil animasi buatan saya ke dalam program Visual basic 6.0 yaitu sebagai berikut:



Perhatikan gambar di atas, gambar tersebut menampilkan alamat dari Link yang kita butuhkan untuk menyambungkan pada komponen ShockwaveFlash ke dalam properties ShockwaveFlash terhadap Movie. Alamat file yang saya punya yaitu G:\Flash Games\The Warriors di tambah lagi nama Flash Movie yang akan dijalankan serta nama formatnya yaitu swf maka penulisannya menjadi G:\Flash Games\The Warrior\The Hero.swf, serta untuk memindahkannya Anda tinggal meng-copy alamat file tersebut dan memunculkan dalam properties movies dalam komponen ShocwaveFlash, dengan begitu hasilnya sebagai berikut:
Komunitas eLearning



Untuk bagian komponen ShockwaveFlash yang kedua, kita lakukan hal yang sama dari penjelasan dalam menampilkan animasi ke dalam layar Visual Basic 6.0 yaitu dengan nama alamat file G:\Flash Games\The Warrior\The Mega.swf, lalu pindahkan ke dalam properties ShockwaveFlash pada Movie maka akan menjadi seperti berikut ini:



Untuk mengakhirinya kita membutuhkan tampilan latar belakang dari menu yang kita buat supaya lebih menarik lagi dari tampilan yang sebelumnya dengan menambahkan lagi komponen ShockwaveFlash yang lebih meluas ke dalam layar Visual Basic 6.0, hasilnya akan menjadi seperti berikut ini:


Pada akhirnya kita telah menyelesaikan materi yang telah kita bahas, jika Anda merupakan seorang desainer maupun sebagai programmer tentunya Anda berkeinginan untuk membuat program yang menarik baik dari segi tampilan luarnya maupun dalam program yang Anda buat. Tuk akhir kata demikian curahan ilmu yang saya sampaikan menjadi manfaat bagi Anda untuk membuat suatu program yang tak lebih dari program yang biasa akan tetapi untuk membuat program yang luar biasa serta lain dari yang lain.

Penutup

Dengan demikian dari sekian pembelajaran yang kita pelajari untuk saat ini cukup sudah dan berharap dapat lebih memperdalam lagi pada segi kreatifitas Anda dalam pembuatan tampilan menu VisualBasic 6.0 yang disertai animasi Flash MX 2004.


editing by : Didi Djogja
http://www.didi-djogja.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Thank' you alias Matur Suwun